RSS

Workshop Pembelajaran Matematika

Apa yang dimaksud dengan workshop pembelajaran matematika? Mengapa perlu ada materi tentang pembahasan workshop dalam pendidikan matematika?

Beberapa defenisi menyebutkan workshop merupakan wadah atau tempat penampungan untuk memodifikasi data dan alat-alat. Dalam dunia pendidikan definisi workshop adalah suatu pelatihan yang dilakukan guna untuk mendiskusikan suatu pembelajaran dan proses pembelajaran di kelas, sehingga muncul sebuah solusi yang dapat diimplementasikan dalam mengajar yang mana akan membuahkan hasil pembelajaran yang memuaskan dan peserta didik akan bisa lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan.

Jadi workshop pembelajaran matematika adalah pembahasan tentang mengidentifikasi, pemilihan dan pembuatan alat peraga dan media pembelajaran. Workshop pembelajaran matematika terkait erat dengan berbagai mata kuliah lain yang berhubungan dengan pembelajaran matematika, misalnya SBM Matematika, Telaah Materi Matematika, Micro Teaching, PPL, dan penelitian pengajaran matematika. Materi workshop pembelajaran matematika yaitu identifikasi materi yang sulit dan alternatif alat peraganya dari matematika SMP, SMA dan SMK dan pembuatan alat peraga. Nah untuk itu kita akan membahas apa itu alat peraga.

 Pengertian Alat Peraga

Dalam dunia matematika alat peraga sangat diperlukan untuk membantu peserta didik memahami suatu konsep. Menurut Estiningsih (1994) mengungkapkan bahwa alat peraga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari. Sedangkan alat peraga menurut Van de Walle mengatakan bahwa “A model for a mathematical concept refers to any objects or pictures that can help a student construct or understand that concept”, artinya yaitu suatu model dari sebuah konsep matematika yang merujuk pada benda ataupun gambar yang dapat membantu seorang peserta didik membangun atau memahami konsep itu. Sedangkan menurut Djoko Iswadji (2003) Alat peraga matematika adalah seperangkat benda konkret yang dirancang, dibuat, dihimpun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika

Fungsi Alat Peraga

Fungsi alat peraga secara umum adalah sebagai berikut:
1. Sebagai media dalam menanamkan konsep-konsep matematika
2. Sebagai media dalam memantapkan pemahaman konsep.
Sebagai media untuk menunjukkan hubungan antara konsep matematika dengan dunia di sekita kita serta aplikasi konsep dalam kehidupan nyata.

Macam-macam Alat Peraga

Alat peraga dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa macam. Menurut Abubakar Muhammad (1981), macam-macam alat peraga yaitu:

1. Alat peraga yang bersifat perasaan; yaitu alat peraga yang berpengaruh dalam menguatkan pikiran dengan perantaran indra-indra, dengan jalan menunjukkan bendanya sendiri atau contohnya atau gambarnya dan semacamnya.
2. Alat peraga yang bersifat bahasa, yaitu alat peraga yang mempengaruhi kekuatan pikiran dengan perantaraan lafal-lafal (kata-kata) seperti penjelasan dengan menyebutkan contoh atau difinisinya atau (persamaan katanya).

Selain yang tersebut di atas, menurut Suherman, macam-macam alat perga pembelajaran matematika adalah:

1. Alat peraga kekekalan luas, seperti luas daerah perssegi panjang, luas daerah bujur sangkar, luas daerah jajaran genjang dan lain sebagainya.
2. Alat peraga kekekalan panjang, seperti tangga garis bilangan, pita garis bilangan, neraca bilangan dan lain sebagainya.
3. Alat peraga kekekalan volume, seperti blok dienes, volume kubus, volume tabung dan lain sebagainya.
4. Alat peraga kekekalan banyak, seperti abakus biji, lidi, dan kartu nilai empat.
5. Alat peraga untuk percobaan dalam teori kemungkinan, seperti uang logam, dadu dan lain sebagainya.
6. Alat peraga untuk pengukuran dalam matematika, seperti meteran, busur derajat, roda meteran dan lain sebagainya.
7. Bangun-bangun geometri, seperti macam-macam daerah segitiga, macam-macam daerah segi empat, pengubahan daerah segi banyak, daerah segi banyak dan lain sebagainya.
8. Alat peraga untuk permainan dalam matematika, seperti mesin fungsi, saringan Eratosthenes, bujur sangkat ajaib dan lain sebagainya.

Sedangkan menurut Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, alat peraga dibedakan menjadi dua, yaitu alat peraga konsep, dan alat peraga keterampilan, penalaran dan problem solving.

Manfaat Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika

1. Mempermudah abstraksi
2. Memudahkan, memperbaiki atau meningkatkan penguasaan konsep atau fakta
3. Memberikan motivasi pada siswa melalui seni matematika
4. Memberikan variasi pembelajaran
5. Meningkatkan efisiensi waktu
6. Menunjang kegiatan matematika di luar kelas
7. Meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar



Sumber:

Sumardyono, “ Manfaat Alat Peraga dalam Pembelajaran”, http://alisahadi.files.wordpress.com/2009/12/alat-peraga-matematika_pengertian-klasifikasi-dan-pemanfaatannya.pptx

Idris, “Penggunaan Media dan Alat Peraga”, http://idrismatematika.blogspot.com/2011/01/penggunaan-media-dan-alat-peraga.html

Saminanto, “Bahan Ajar Mata Kuliah Workshop Matematika” Prodi tadris matematika fakultas tarbiyah iain walisongo semarang, 2013

0 comments: