RSS

Alat Peraga Untuk Menemukan Volume Limas Segi Empat melalui Bangun Ruang

Menurut Zoltan P. Dienes mengatakan bahwa setiap konsep matematika dapat dipahami dengan baik apabila disajikan dengan bantuan berbagai media pembelajaran yang konkrit kepada peserta didik. maka alat peraga sangat berperan besar dalam proses tersebut. Alat peraga yang sudah ditemukan dalam pembelajaran matematika sangat beraneka ragam. Maka dari itu dalam pembahasan kali ini akan disajikan contoh alat peraga beserta cara pembuatannya sekaligus menerapkannya dalam pembelajaran matematika yaitu alat peraga menemukan volume limas dengan pendekatan bangun ruang kubus.


1. Bentuk dan Manfaat Alat Peraga

Bentuk: Alat peraga ini berbentuk jaring-jaring kubus dan piramid (limas) isi dalamnya. Perhatikan gambar berikut.


Ketarangan:
Kubus adalah adalah bangun 3 Dimensi yang memiliki 6 buah sisi dengan semua rusuknya sama panjang dan memiliki 4 sisi tegak.
Sedangkan Limas Segi Empat adalah adalah bangun 3 Dimesi yang dibatasi oleh bangun segitiga sebagai sisi tegaknya. Kita biasa menyebutnya sebagai bangun ruang. Ciri khas limas adalah memiliki bagian runcing di bagian atasnya sebagai titik puncak.

Kegunaan :
Alat Peraga kubus dan limas ini dapat membantu siswa untuk menemukan rumus dari Volume Limas dengan kubus sebagai dasar penentuan rumusnya.

2. Pembuatan Alat Peraga 
Pembuatan alat peraga ini sangat mudah dan sederhana. Bahan yang harus disiapkan juga  tidak sulit dicari.

Alat dan bahan:
1) Gunting
2) Cutter
3) 2 Kertas asturo
4) Lem
5) Penggaris
6) Bolpoin/pensil


Kita akan membuat kubus dengan ukuran sisi 10 cm, tinggi limas adalah setengah dari sisi kubus yaitu 5 cm. Untuk tinggi segitiga pada limas adalah 5 √ 2. Kalian juga dapat membuatnya dengan ukuran yang kalian kehendaki. Penjelasan lebih rincinya adalah sebagai berikut:


Cara Membuat:
1. Gambarlah jaring-jaring kubus pada kertas asturo dengan panjang sisi 10 cm.

2. Gambarlah 6 jaring-jaring limas persegi pada kertas asturo (tidak dengan alasnya). Dengan ukuran seperti berikut: sisi alas limas 10 cm dan tinggi 7,07 cm


3. Gunting jaring-jaring kubus dan jaring-jaring limas tersebut.



4. Bentuklah jaring-jaring limas menjadi limas dengan bantuan lem untuk merekatkannya



5. Setelah keenam limas sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah rekatkan masing-masing limas pada setiap luas bidang jaring-jaring kubus yang sudah dibuat dengan menggunakan lem.


6. Setelah selesai pada langkah 5 maka jadilah kubus berisi 6 limas persegi :)


Kubus ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika untuk mencari rumus volume limas yang dapat dibuktikan dengan volume kubus, untuk lebih jelasnya kita perhatikan penjelasan berikut :


Dari alat peraga tersebut dapat kita peroleh:
1. Berapa banyak limas yang dapat membentuk kubus? Yaitu 6 buah limas
2. Berapa tinggi limas tersebut jika dibandingkan dengan tinggi kubus? Tinggi limas = 1/2 Tinggi kubus
3. Berapa panjang sisi alas limas? Panjang sisi alas limas = Panjang sisi alas persegi
4. Berapakah Volume dari Limas tersebut?
    => Jika volume masing-masing limas pada gambar adalah ‘V’ maka volume enam buah limas sama dengan volume kubus, sehingga diperoleh hubungan berikut.
Volume 6 limas = Volume kubus
                  6V = s x s x s
= ( s x s )  x s
= ( s x s ) x ( 1/2s x 2 ), jika   s x s = L dan ½ s = t
= L  x t x 2
                  6V = 2 Lt

Volume 1 limas adalah 6V = 2 Lt
                                  V = 2/6 Lt
                                      = 1/3 Lt

Jadi Rumus:
Volume limas = 1/3 x L x t
                                     
Keterangan:
L = luas alas

t = tinggi limas

Kunci dari membuat kubus ini adalah kesabaran dan ketelitian saat mengukur. So, semoga bermanfaat ... :)

1 comments:

Anonymous said...

thanks ya sangat membantu tugas saya :)